Stoking Bisa Mencegah Varises


Sebagian besar perempuan pasti panik jika mendapati guratan warna biru di sekitar paha atau betis. Varises memang mengkhawatirkan, selain merusak mood dapat juga memperburuk penampilan.

Varises adalah pelebaran abnormal rongga pembuluh darah balik (vena) akibat tekanan arus balik darah yang mengalir di dalamnya.

Varises tungkai terjadi di sepanjang paha sampai ke betis dan telapak kaki. Berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, menggunakan stocking secara teratur dapat mengurangi resiko varises pada wanita sampai 80 persen. Benarkah ?

Stoking dibuat berdasarkan penelitian. Selain pelengkap gaya berbusana, stoking juga sekaligus memberikan efek pengetatan dan stimulus tertentu pada kulit dan aliran darah agar berjalan lancar.

Masalah yang terjadi akibat varises tungkai bukan hanya masalah kosmetis kulit tungkai yang tidak tampak baik akibat gambaran kebiru-biruan pembuluh darah. Yang lebih serius jika daerah di mana terjadi varises tungkai terjadi luka dan terinfeksi sehingga penyembuhannya menjadi lebih sulit dan komplikatif.

Sementara jika varises sudah dalam kondisi lanjut, sebaiknya dilaser atau operasi minor untuk mengatasinya. Namun setelah itu tetap disarankan menggunakan stocking agar menghindari varises.

Pencegahan dan penanganan Varises 

Menghindari tumpuan berlebihan pada tungkai antara lain dengan mengatur berat badan dan menghindari pemakaian sepatu tumit tinggi yang terlalu lama dan terlalu sering. Bobot tubuh ekstra membuat kerja tungkai menjadi lebih berat daripada normal, kerja otot-otot tungkai menjadi lebih giat.

Imbasnya, arus aliran balik darah dari tungkai menuju jantung menjadi lebih besar dan tekanannya menjadi semakin meninggi.

Pemakaian sepatu tumit tinggi menambah jarak yang harus dicapai aliran balik darah dan membuat beberapa otot tungkai bekerja lebih giat sehingga kompensasinya tekanan arus aliran balik darah menjadi semakin meninggi.

Selain itu pakailah garmen elastis khusus pada tungkai yang mampu memberi tambahan tekanan pada pembuluh darah balik (vena) secara merata dari telapak kaki sampai ke pangkal paha. Bentuk garmen elastis khusus ini biasanya seperti stocking atau celana panjang ketat.

0 comments:

Posting Komentar