Tips Bagi Wanita Agar Awet Muda

Tips Bagi Wanita Agar Awet Muda Awet muda, dua buah kata yang yang ingin digapai semua wanita. Saking menggeloranya kata-kata itu menjadikan jutaan ahli kecantikan di seantero dunia mencoba untuk meramunya. Itu tercermin pada berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit yang menjamur di etalase-etalase, dari mulai kios kumuh di pedalaman madagaskar :-) sampai toko kosmetik Kiehl’s di Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Tapi seberapa hebat pun ramuan itu, semuanya kembali pada si pemilik badan. Nenek moyang kita dulu - dimasa kuda masih makan besi - mereka tidak mengenal produk-produk peremajaan kulit agar awet muda tapi mereka tetap sehat, berumur panjang dan kesehatan itu mencakup keseluruhan, termasuk kulit.

Lalu kini, - dimasa ketika kuda sudah makan roti - kaum wanita modern terlihat sibuk mempertahankan agar selalu terlihat muda. Bahkan saking sibuknya, mereka seperti menolak kodrat bahwa menjadi tua itu adalah hukum alam yang absolut.

Padahal, produk-produk kecantikan bukanlah faktor mutlak tapi hanyalah bagian dari proses untuk mempertahankan kondisi kulit. Jadi sebelum menggunakan produk-produk perawatan itu sebaiknya kita membiasakan diri dulu untuk menerapkan cara-cara alami agar awet muda.

Ini dia tips bagi wanita agar awet muda:

1. Kualitas Dan Kecukupan Tidur

Tidur tidak hanya cukup dalam hal waktu tapi juga harus berkualitas. Tidur yang cukup dan berkualitas mampu meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres.

Sekedar tips untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, bagi yang sudah menikah, hubungan intim sebelum tidur bisa sangat membantu. Dan untuk semua wanita, tiga jam sebelum tidur Anda harus menghindari makanan berat, alkohol, kafein dan olahraga yang berlebihan.

2. Mengonsumsi Buah Dan Sayur

Tubuh Anda membutuhkan phytochemical untuk meningkatkan energi dan antioksidan. Phytochemical ini bisa Anda dapatkan sehari-hari dari buah dan sayur. Jadi, sayur dan buah harus menjadi menu wajib bagi Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mengkonsumsi brokoli untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena brokoli memiliki zat gizi yang lengkap.

3. Menerapkan Pola Makan Seimbang

Poin ini berbeda dengan poin sebelumnya meski terkesan hampir sama. Tapi yang dimaksud dengan pola makan seimbang adalah untuk mengatur asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda setiap harinya. Angka kecukupan gizi Anda harus diatur dengan baik dan jangan sampai berlebih. Dengan membatasi asupan kalori ini berarti Anda bisa memperlambat metabolisme.

Tapi jangan pula pembatasan ini menjadikan tubuh Anda kekurangan zat-zat gizi karena wanita yang tidak mematuhi menu seimbang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker.

4. Mengurangi Lemak

Lemak berlebih merupakan salah satu pemicu penyakit jantung. Seberapa keraspun usaha Anda untuk awet muda akan sirna seketika saat Anda menjadi korban dari penyakit degan resiko kematian tertinggi didunia, yaitu penyakit jantung dan kanker. Wanita dengan berat badan ideal memiliki kemungkinan untuk hidup lebih lama dibandingkan wanita gemuk atau bahkan obesitas.

5. Berhenti Merokok

Jika Anda wanita perokok, berhentilah sekarang juga. Apapun jenisnya, rokok dapat menyebabkan penyakit kanker, jantung, bronchitis kronis, dan asma. Bagaimana mungkin Anda mendapat gelar wanita yang awet muda jika Anda harus mati muda. Bahkan disalah satu artikel asing, saya lupa judul dan di blog mana membacanya karena sudah lama sekali, pemilik blog menulis: rokok akan ‘memotong’ hidup Anda sampai 10 tahun!

6. Berhenti Mengonsumsi Alkohol

Alkohol didalam tubuh dapat merusak liver, menyebabkan Anda terserang stroke, dan sebagainya dan sebagainya. Rasanya tak perlu panjang lebar membahas keburukan alkohol karena kita semua tahu itu. Berhentilah mengonsumsi alkohol sekarang jika Anda ingin awet muda.

7. Menggunakan Produk Perawatan Kulit Dan Kecantikan

Setelah Anda menerapkan ke enam poin sebelumnya, barulah Anda menggunakan produk hasil penelitian para ahli. Ingat! Produk kecantikan ini harus sesuai dengan kondisi dan jenis kulit Anda. Satu lagi, produk kecantikan bukanlah faktor utama, tapi hanyalah salah satu cara dari rencana besar Anda untuk menjadi wanita yang awet muda.

8. Berjiwa Muda Dan Selalu Bahagia

Umur boleh tua tapi jiwa harus tetap muda. Jangan terlalu terbebani dengan bertambahnya umur, jangan terlalu tertekan oleh masalah-masalah hidup, jangan pernah merasa sunyi di tengah keramaian. Anda harus berjiwa muda dan selalu bahagia.

Untuk menjelaskan hal ini, rasanya kita perlu mencontoh pola pikir dan kebiasaan tante/ibu/oma Titiek Puspa yang selalu muda dan bahagia.

0 comments:

Posting Komentar