Bahaya Minum Air Putih Berlebihan

Bahaya Minum Air Putih Berlebihan Pada postingan yang lalu ,sudah dipaparkan manfaat air putih untuk kesehatan.Sudah kita ketahui bahwa air putih ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita.Sehingga kita harus memulai membiasakan meminum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter sehari secara berkala.
minum air putih
Namun bukan berarti dengan minum air putih sebanyak-banyaknya sangat bermanfaat untuk kesehatan.Hal ini justru sebaliknya,yaitu berbahaya untuk tubuh.


Mengapa minum air putih berlebihan berbahaya

?
Hal ini karena kesalah pahaman kita terhadap persepsi ,bahwa minum air benyak-banyak sangat bermanfaat untuk kesehatan.Memang benar minum air putih banyak-banyak bermanfaat,tetapi meminumnya harus secara berkala,bukan dalam sekali minum langsung banyak.

“Banyak orang salah mengerti, mereka melakukan terapi air putih tapi dengan mengonsumsi 2 liter sekaligus saat bangun tidur. Ini berbahaya untuk kesehatan jantung dan ginjal,” kata Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK saat ditemui di acara Kampanye Nasional Danone Aqua, 'Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang' di XXI Ballroom,Djakarta Theatre, Rabu 16 Maret 2011.

Air yang dikonsumsi akan diserap ke saluran cerna dan masuk ke pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan volume darah jadi bertambah. Hal ini bisa membebani kerja jantung dan ginjal. Jantung seolah didesak untuk memompa darah lebih cepat, sementara ginjal di desak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat.

“Ini bisa mengganggu fungsi jantung dan ginjal. Jangan minum sekaligus berlebihan, karena air mudah diserap. Jika setiap hari hal ini dilakukan, bisa membebani jantung dan ginjal serta menyebabkan bagian tubuh tersebut mudah 'jebol',” jelas Samuel.

Untuk itu, katanya, perlu diketahui cara mengonsumsi air yang sesuai dengan kebutuhan. Samuel menyarankan, agar khasiatnya bisa dirasakan, konsumsi air sebelum Anda merasa haus. Setelah bangun tidur juga dianjurkan untuk mengonsumsi air putih satu gelas. Sebelum dan setelah sarapan juga dianjurkan minum segelas air putih. Begitu pula saat ingin beraktivitas serta sebelum dan setelah berolahraga. Bahkan sebelum tidur pun dianjurkan untuk mengonsumsi segelas air putih.

“Cukup minum air 1-2 gelas secara bertahap, jangan lakukan minum sebanyak 1,5 liter- 2 liter sekaligus,” katanya.

Jadi mulai sekarang ,jika kita ingin melakukan pola hidup sehat dengan minum air putih boleh saja,asalakan meminumnya secara bertahap tidak sekali minum langsung banyak.Sehingga kita bisa memperoleh manfaat minum air putih yang luar biasa untuk kesehatan ,bukan malah sebaliknya yang membahayakan tubuh akibat meminumnya secara berlebihan.
Kebiasaan minum air putih bisa dimulai dari diri sendiri dulu ,kemudian kita bisa menerapkannya pada keluarga kita.

Cara menerapkannya pada lingkunngan keluarga adalah dengan melakukan aktivitas minum air putih selama 6-8 minggu secara ketat, otomatis pada minggu ke 9, akan menjadi kebiasaan yang sehat.”

Semoga tips kesehatan kali ini bermanfaat,dan nantikan tips berikutnya.

0 comments:

Posting Komentar