4 Hal yang Bikin Orang Lemas dan Tak Bertenaga Setelah Makan

img
Makan seharusnya bisa membuat seseorang berenergi. Tapi setelah makan siang kerap orang justru merasa lelah dan tidak bersemangat. Ini hal-hal yang bisa jadi penyebabnya.

Makanan menyediakan nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh dan bisa memberi energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi beberapa kesalahan yang dilakukan bisa membuat orang tidak mendapatkan energi ini.

Berikut ini hal-hal yang memungkinkan orang merasa lemas dan tidak bertenaga setelah makan, seperti dikutip dari Livestrong :

1. Pilihan makanan yang salah

Semakin sehat pilihan makanan maka lebih banyak nutrisi yang diserap oleh tubuh untuk memberi energi dan memelihara sel-sel. 

Tapi jika mengonsumsi makanan olahan, karbohidrat olahan dan makanan lemak tinggi cenderung memberikan energi yang cepat tapi tidak memenuhi rasa lapar yang lama sehingga bikin orang merasa lelah. Selain itu tubuh juga kesulitan untuk mencerna jenis makanan ini.

2. Jumlah makanan yang dikonsumsi

Jumlah atau kuantitas makanan yang terlalu banyak justru tidak membuat Anda menjadi berenergi, melainkan merasa sangat lelah, tidak nyaman di perut serta tidak bersemangat setelah makan.

Namun jika makanan yang dipilih adalah gandum utuh, kacang-kacangan, buah dan sayuran segar, maka makanan ini tidak akan membuat orang merasa lelah meski dikonsumsi dalam jumlah banyak.

3. Kebiasaan makan yang tidak teratur

Karena kesibukan, banyak orang yang memiliki kebiasaan makan tidak teratur seperti melewatkan sarapan. 

Kondisi ini akan menyebabkan tubuh merasa lemah dan lelah yang nantinya membuat ia memilih makanan yang buruk seperti junk food. 

Makanan ini diketahui memiliki nutrisi yang sangat sedikit sehingga tidak memenuhi asupan vitamin dan mineral yang membuat tubuh berenergi.

4. Alergi makanan

Jika sudah memilih makanan yang benar, tapi tetap merasa sangat lelah setelah makan ada kemungkinan mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu. 

Orang yang memiliki alergi makanan biasanya juga mengalami kembung dan gas yang berlebih, sembelit atau diare. 

Jika sering mengalami hal ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menemukan penyebab kelelahan setelah makan.

0 comments:

Posting Komentar